Saturday, April 23, 2016

Cara Seting HT yang Berubah Frekuensi VHF menjadi UHF

HT berubah frekuensi

Pada postingan yang lalu membahas mengenai Cara seting HT Weierwei vev-338 seperti baru. Kali ini saya akan membahas mengenai Cara Seting HT yang Berubah Frekuensi VHF menjadi UHF pada HT Weierwei vev-338.

Beberapa hari yang lalu saya iseng dengan mainan baru saya, HT Weierwei vev-338. 
Akibatnya bisa di tebak. Berubah semua settings. 
Terutama frekuensi HT yang semula VHF(136.000) berubah menjadi UHF (400.000).

Kejadian ini membuat pusing tujuh keliling, baca manual book tidak dicantumkan cara mengatur frekuensi VHF ke UHF, mencari di google juga tidak ditemukan. Berbagai macam cara sudah dilakukan, mulai lepas batre dan biarkan beberapa saat, kemudian pencet tombol moni dan menu secara bersamaan, tidak membuahkan hasil. Yang ada hanya muncul tulisan CLEAR, ketika tekan menu muncul VFO, pencet tombol panah menjadi FULL.
Mencoba berkali-kali, tetap frekuensi berada pada angka 400.000 Mhz, padahal waktu pertama beli fekuensinya 136.000. Hampir putus asa, dan bersiap untuk melakukan tindakan terakhir, yaitu settings menggunakan komputer, agar bisa seperti waktu pertama beli. Karena dibeberapa postingan yang saya temukan di google, mengatakan EEPROM nya harus di reset menggunakan komputer.
Pusing tujuh keliling, hanya berpikir, adakah cara lain untuk Cara Settings HT yang Berubah Frekuensi VHF menjadi UHF milik saya.
Dikisahkan pada malam yang sunyi, ditemani secangkir kopi dan sebungkus rokok, akhirnya keisengan saya membuahkan hasil..hehe.
Akhirnya HT Weierwei vev-338 saya bisa berubah frekuensi UHF menjadi VHF.
Untuk dapat merubah frekuensi VHF ke UHF atau sebaliknya pada HT Weierwei vev-338, ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.       Matikan radio
2.       Tekan tombol PTT + Monitor + Menu, kemudian nyalakan radio
3.       Muncul tulisan CLEAR pada display.
4.       Jangan lepaskan semua tombol kecuali tombol menu. (tombol PTT dan Moni masih kondisi dipencet)
Cara Seting HT yang Berubah Frekuensi VHF menjadi UHF     5.  Tekan 1 kali tombol menu, maka pada display
         akan muncul tulisan AGE.
     6. Gunakan tombol panah atas-bawah, untuk
         memilih frekuensi yang di inginkan, kemudian
         tekan menu sekali lagi.
     7. Tunggu beberapa saat HT Weierwei vev-338
         akan restart otomatis









Mudah sekali bukan, dengan begitu kita bisa memulihkan kembali frekuensi yang telah berubah menjadi frekuensi  seperti awal kita membeli.

·         Saya memilih frekuensi VHF, karena punya saya tipe VHF

Semoga artikel ini dapat membantu para pengguna Weierwei vev-338 yang mengalami perubahan frekuensi seperti yang saya alami.

Frekuensi VHF (136.000 – 173.995 Mhz) , VHF 1 (245.000 – 245.9.995 Mhz), UHF (400.000 – 469.995 Mhz).



11 comments:
Write comments

Fans Page